W3schools Javascript Regexp Exec

W3schools Javascript Regexp Exec

4 min read Jun 18, 2024
W3schools Javascript Regexp Exec

Memahami Regular Expressions dengan JavaScript's exec() Method

Regular expressions (regex) adalah alat yang ampuh untuk mencari, mencocokkan, dan memanipulasi teks dalam pemrograman. JavaScript menyediakan berbagai metode untuk bekerja dengan regex, salah satunya adalah exec(). Metode ini merupakan bagian penting dari pemrosesan teks dan merupakan fondasi bagi banyak tugas yang sering ditemui dalam pengembangan web.

Apa itu exec()?

exec() adalah metode yang digunakan pada objek RegExp (regular expression). Metode ini mencoba mencocokkan pola regex dengan string yang diberikan dan mengembalikan sebuah array yang berisi informasi mengenai kecocokan yang ditemukan. Jika tidak ada kecocokan, metode ini mengembalikan null.

Cara Penggunaan

Berikut adalah sintaks dasar untuk menggunakan exec():

regex.exec(string);

Dimana:

  • regex adalah objek RegExp yang berisi pola regex Anda.
  • string adalah string yang akan dicocokkan dengan pola regex.

Contoh

Misalnya, Anda ingin mencari semua angka dalam string "Saya memiliki 12 apel dan 3 jeruk":

const string = "Saya memiliki 12 apel dan 3 jeruk";
const regex = /\d+/g; // Pola regex untuk mencocokkan satu atau lebih angka

let match;
while ((match = regex.exec(string)) !== null) {
  console.log(`Match found: ${match[0]}`); 
}

Output dari kode ini akan menjadi:

Match found: 12
Match found: 3

Fitur Utama

  • Pencocokan Global: Parameter g dalam pola regex /\d+/g menunjukkan pencocokan global. Ini berarti metode exec() akan terus mencocokkan pola regex di seluruh string, tidak berhenti setelah menemukan kecocokan pertama.
  • Informasi Kecocokan: Array yang dikembalikan oleh exec() berisi informasi yang bermanfaat tentang kecocokan. Elemen pertama dari array (match[0]) adalah substring yang dicocokkan. Elemen lainnya memberikan informasi tambahan seperti indeks awal kecocokan dan informasi capture group.
  • Kecocokan Berganda: Untuk mendapatkan semua kecocokan dalam string, Anda dapat menggunakan loop while seperti yang ditunjukkan dalam contoh di atas. Loop akan berulang hingga exec() mengembalikan null, yang menandakan bahwa tidak ada lagi kecocokan yang ditemukan.

Kesimpulan

exec() adalah metode yang sangat berguna untuk bekerja dengan regular expressions dalam JavaScript. Metode ini menyediakan cara yang mudah dan efektif untuk mencocokkan pola regex dengan string dan mengembalikan informasi berharga tentang kecocokan yang ditemukan.

Catatan: exec() adalah metode yang kuat dan serbaguna. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang regular expressions dan kemampuan exec(), Anda dapat menjelajahi dokumentasi resmi JavaScript atau sumber daya online seperti W3Schools.

Related Post