T-shirt 3d Model Free Blender

T-shirt 3d Model Free Blender

5 min read Jun 18, 2024
T-shirt 3d Model Free Blender

Membuat Model T-Shirt 3D Gratis di Blender

Blender adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang kuat dan gratis yang dapat digunakan untuk membuat berbagai model, termasuk pakaian seperti t-shirt. Berikut panduan langkah demi langkah untuk membuat model t-shirt 3D sederhana di Blender:

Langkah 1: Mempersiapkan Blender

  1. Unduh dan Instal Blender: Kunjungi situs web Blender resmi dan unduh versi terbaru untuk sistem operasi Anda.
  2. Mulailah Blender: Setelah diinstal, buka Blender. Anda akan disambut dengan antarmuka Blender.

Langkah 2: Membuat Dasar T-Shirt

  1. Buat Plane: Tekan Shift + A untuk membuka menu "Add" dan pilih Mesh > Plane.
  2. Ubah Ukuran Plane: Pilih plane yang baru dibuat dan tekan S untuk mengeskalanya ke ukuran yang diinginkan untuk t-shirt.
  3. Tambahkan Subsurf: Pilih plane dan tekan Tab untuk masuk ke "Edit Mode." Tekan W dan pilih Subsurf untuk menambahkan modifier "Subdivision Surface".
  4. Atur Subsurf: Atur nilai "View" di panel modifier menjadi 2 atau lebih untuk menghasilkan bentuk yang lebih halus.

Langkah 3: Membentuk T-Shirt

  1. Tambahkan Vertex: Dalam "Edit Mode," pilih satu sisi dari plane. Tekan E untuk mengekstrusi dan S untuk memperbesar bentuknya. Ulangi langkah ini untuk membuat bentuk dasar t-shirt.
  2. Membuat Leher: Pilih beberapa vertex di tengah atas dan tekan I untuk membuat inset. Atur bentuk leher yang diinginkan.
  3. Membuat Lengan: Gunakan cara yang sama dengan membuat leher untuk membentuk lengan baju, dengan memindahkan vertex ke arah yang diinginkan.
  4. Membuat Lipatan: Untuk menambahkan detail, tambahkan loop cut dengan menekan Ctrl + R dan tarik mouse untuk memotong wajah yang diinginkan.

Langkah 4: Menambahkan Detail

  1. Buat Logo: Anda dapat menambahkan logo dengan membuat objek baru (misalnya, plane) dan mengubah bentuknya. Atur posisinya di atas t-shirt.
  2. Buat Jahitan: Untuk membuat efek jahitan, gunakan "Edge Crease" di panel "Properties" (N) dan tingkatkan nilai "Crease" untuk membuat garis yang lebih kuat.
  3. Menambahkan Warna dan Bahan: Pilih bagian t-shirt yang berbeda dan tambahkan warna dan bahan menggunakan panel "Material Properties" (N).

Langkah 5: Rendering dan Ekspor

  1. Atur Scene: Atur pencahayaan dan kamera untuk menghasilkan render t-shirt yang menarik.
  2. Render: Tekan F12 untuk memulai proses rendering.
  3. Ekspor: Setelah rendering selesai, Anda dapat mengekspor t-shirt dalam format yang diinginkan seperti .obj atau .fbx.

Tips Tambahan:

  • Anda dapat menggunakan berbagai metode pemodelan untuk membuat model t-shirt yang lebih kompleks.
  • Gunakan referensi gambar atau foto untuk membantu Anda membuat bentuk yang akurat.
  • Jelajahi berbagai alat dan fitur di Blender untuk mencapai hasil yang lebih profesional.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat model t-shirt 3D sederhana di Blender secara gratis. Eksperimenlah dengan berbagai teknik dan fitur Blender untuk meningkatkan kemampuan Anda dan menghasilkan desain yang lebih kreatif.

Related Post