String Object To Array Javascript

String Object To Array Javascript

3 min read Jun 20, 2024
String Object To Array Javascript

Mengubah String Menjadi Array di JavaScript

Dalam JavaScript, string adalah tipe data yang tidak dapat diubah. Untuk memanipulasi karakter dalam string, kita perlu mengonversinya menjadi array. Ada beberapa cara untuk mengubah string menjadi array di JavaScript:

1. Menggunakan split()

Metode split() merupakan cara paling umum untuk mengubah string menjadi array. Metode ini menerima satu argumen yaitu pemisah (delimiter) yang digunakan untuk membagi string menjadi beberapa bagian.

const myString = "Hello, world!";
const myArray = myString.split(" ");

console.log(myArray); // Output: ["Hello,", "world!"]

Pada contoh di atas, kita menggunakan spasi sebagai pemisah untuk membagi string menjadi dua bagian, yaitu "Hello," dan "world!".

2. Menggunakan Array.from()

Metode Array.from() dapat digunakan untuk membuat array baru dari iterable seperti string. Metode ini menerima dua argumen, yaitu iterable dan fungsi mapping.

const myString = "Hello";
const myArray = Array.from(myString);

console.log(myArray); // Output: ["H", "e", "l", "l", "o"]

Pada contoh di atas, kita menggunakan Array.from() untuk membuat array baru dengan setiap karakter dalam string "Hello" sebagai elemen.

3. Menggunakan for...of loop

Kita dapat menggunakan for...of loop untuk iterasi melalui setiap karakter dalam string dan menambahkannya ke array baru.

const myString = "Hello";
const myArray = [];

for (const char of myString) {
  myArray.push(char);
}

console.log(myArray); // Output: ["H", "e", "l", "l", "o"]

Pada contoh di atas, kita iterasi melalui setiap karakter dalam string "Hello" dan menambahkannya ke array myArray menggunakan push().

4. Menggunakan map()

Metode map() dapat digunakan untuk mengiterasi melalui setiap karakter dalam string dan mengembalikan array baru yang berisi karakter-karakter tersebut.

const myString = "Hello";
const myArray = myString.split("").map(char => char);

console.log(myArray); // Output: ["H", "e", "l", "l", "o"]

Pada contoh di atas, kita pertama kali membagi string menjadi array dengan menggunakan split(""). Kemudian, kita menggunakan map() untuk mengembalikan array baru yang berisi setiap karakter dalam string.

Kesimpulan

Terdapat beberapa cara untuk mengubah string menjadi array di JavaScript. Pemilihan metode terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

Pilih metode yang paling mudah dipahami dan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk memanipulasi string di JavaScript.